Yuk Cari Tahu Apa Itu Revitalisasi Sungai dan Tujuannya Disini

Sungai memiliki peran yang sangat besar bagi manusia dan juga makhluk hidup lainnya. Tidak hanya sebagai sumber kehidupan, aliran air sungai pun bisa dimanfaatkan untuk beragam kepentingan. Sebut saja untuk irigasi pada area persawahan dan diubah menjadi tenaga pembangkit listrik. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa penting untuk melakukan revitalisasi sungai. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Defisini dan Tujuan dari Revitalisasi pada Sungai

Jika dijabarkan secara lebih rinci, maka istilah revitalisasi sendiri memiliki arti tersendiri. Yaitu sebuah cara atau proses dalam hal menghidupkan kembali sesuatu. Jika dihubungkan dengan sebuah sungai, maka revitalisasi ialah suatu cara untuk memperbaiki atau menghidupkan sungai tersebut. Contoh sungai yang dimaksud ialah sungai yang tercemar menjadi sebuah sungai yang bersih dan lebih baik daripada sebelumnya.

Tentu proses revitalisasi ini tidak hanya dapat dilakukan pada sebuah aliran sungai. Namun juga bisa diterapkan pada kawasan kota maupun tempat lainnya. Sementara tujuan dari revitalisasai pada sungai sendiri dapat dipahami dari definisi yang ada. Tentu juga diperlukan persiapan yang matang sebelum melakukan hal ini. Dengan persiapan yang ada tentu hasil yang diperoleh akan sesuai dengan perencanaan yang ada.

Contoh Nyata dari Kegiatan Tersebut

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa contoh nyata dari kegiatan revitalisasi sungai ini. Seperti misalnya pada sebuah sungai yang telah direvitalisasi di kawasan Denpasar. Misalnya adalah Sungai Tukad Badung dan juga Tukad Bindu. Dimana kedua sungai yang ada telah berubah menjadi daerah untuk beragam kegiatan. Mulai dari tempat wisata, kuliner, maupun tempat untuk beragam kegiatan olahraga.

Tentu saja hal ini menjadikan kawasan sungai memiliki nilai lebih daripada sebelumnya. Dari yang sebelumnya terkesan kumuh telah berubah menjadi kawasan yang banyak dituju oleh wisatawan. Tentu revitalisasi tersebut memerlukan biaya yang besar dengan proses yang panjang. Setelah sungai selesai direvitalisasai, tentu diperlukan pula kerjasama dari beragam pihak demi menjaga area aliran sungai tersebut.

Edukasi pada masyarakat pun perlu dilakukan guna menjaga nilai dari sungai yang telah diubah menjadi lebih baik tersebut. Tentu sungai yang telah selesai di revitaliasai juga memiliki dampak yang baik pada masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Dimana kesehatan dari penduduk tersebut menjadi lebih baik dan meningkat karena keadaan sungai tersebut. Potensi wisata dari daerah terkait juga ikut terangkat dengan hal ini.

Dari ulasan yang ada dapat dipahami bagaimana manfaat sungai bagi kehidupan. Namun dengan beragam hal kurang baik yang terjadi, tentu sebuah sungai juga layak untuk direvitalisasai. Dimana dengan proses tersebut akan menjadikan dampak yang lebih baik bagi banyak orang. Mulai dari sektor wisata sampai dengan kesehatan masyarakat sekitar di kawasan sungai. Hingga saat ini, juga masih banyak sungai di tanah air yang telah direvitalisasi.