Rahasia Di Balik Perintah Mengerjakan Sholat 5 Waktu

Sebagai muslim sejati, mengerjakan sholat merupakan kewajiban yang tidak bisa ditawar. Melaksanakannya dengan kerendahan hati menjadi bagian dari ubudiyah. Di dalamnya terdapat rahasia sholat 5 waktu yang sebagian orang belum tahu.

Menyingkap rahasia ini sedikit memberikan gambaran tentang bagaimana Allah begitu sayang terhadap hambanya. Untuk itulah, penting bagi setiap hamba untuk membalas cintanya dengan mengikuti apa yang diperintahkan.

Sholat yang diwajibkan ini sudah ditentukan waktunya. Penempatan waktu ini bukanlah tanpa sebab. Inilah yang akan Anda ketahui tentang rahasianya. Baik itu berupa keutamaan yang berkaitan dengan rohani maupun jasmani.

Keutamaan Sholat 5 Waktu

Sholat merupakan kegiatan ibadah yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Setiap kaum muslimin diwajibkan untuk mengerjakannya. Kewajibannya hanya 5 kali dalam sehari. Dan di balik perintah wajib ini, ada keutamaan yang tersimpan di dalamnya.

Ketika Dzuhur tiba, Rasulullah mengajarkan umatnya untuk memperbanyak tasbih. Begitu pula, waktu ini perlu digunakan sebaik mungkin. Yakni melaksanakan kewajiban sholat.

Waktu dzuhur merupakan waktu yang mana api neraka jahanam dinyalakan. Ketika seseorang melaksanakan sholat, uap maupun api neraka diharamkan untuk menjilat/menyentuh orang mukminin.

Sementara waktu ashar merupakan bagian sejarah di mana Nabi Adam AS memakan buah khuldi. Mengingat sejarah ini, umat manusia disyariatkan untuk mengerjakan sholat ashar. Tujuannya agar diampuni segala dosanya sehingga tubuhnya tidak dipenuhi oleh dosa.

 

Magrib sendiri menjadi waktu diterimanya taubat nabi Adam AS. Sebagai rasa syukurnya, sholat dikerjakan. Hingga saat ini, kaum muslimin diperintahkan untuk melaksanakannya. Seorang muslimin yang mengerjakannya dan meminta sesuatu akan diterima oleh Allah swt.

Isya sendiri merupakan sholat yang dikerjakan oleh seluruh nabi dan rasul. Sholat ini dikerjakan pada saat cahayanya memudar dan gelap. Ini mengindikasikan bahwa alam kubur itu gelap.

Siapa saja yang mengerjakannya dengan sungguh-sungguh akan dikaruniai cahaya agar bisa melewati siroth dengan mudah. Dan mereka akan diselamatkan oleh Allah dari jilatan api neraka.

Subuh sendiri merupakan sholat yang dikerjakan ketika masih banyak orang terlelap. Siapa saja yang menjalankannya dengan berjamaah akan dilimpahi dengan berbagai keistimewaan. Di antaranya adalah terbebas dari api neraka dan kemunafikan.

Rahasia Sholat 5 Waktu Ditinjau Dari Sisi Kesehatan

Rahasia sholat 5 waktu yang sebagian orang belum tahu ternyata ada kaitannya dengan kesehatan. Para peneliti memberikan penjabaran tentang betapa luar biasanya gerakan sholat ketika dilakukan pada lima waktu tersebut. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Subuh

Waktu subuh ditandai dengan perubahan alam yang berwarna biru muda. Warna ini diteliti dan memiliki kecocokan dengan frekuensi kelenjar tiroid. Kelenjar ini sangat berkaitan dengan sistem metabolisme.

Kelenjar ini akan menyerap warna biru yang ada di alam. Tentunya, penyerapan akan sempurna ketika seseorang terbangun dari tidurnya. Sebaliknya bila tertidur lelap, penyerapan tidak akan terjadi.

Ketika warna ini diserap dengan baik, ini berpengaruh pada komunikasi dan rejeki. Maka bisa diambil kesimpulan bahwa orang yang terbangun untuk sholat biasanya tidak memiliki masalah pada dua hal tersebut. Menariknya, penyerapan ini terjadi pada saat seseorang melakukan gerakan ruku.

  1. Dzuhur

Dzuhur ditandai dengan perubahan alam yang menguning. Ini tidak lepas dari tergelincirnya matahari ke arah barat.

Warna kuning ini berhubungan sekali dengan keseluruhan sistem pencernaan. Dan ini juga berkaitan dengan hati.

Manakala seseorang melewatkannya tanpa sholat, seseorang akan mudah gelisah. Sebaliknya bila sering menjalankan sholat dzuhur, seseorang akan dikaruniai dengan banyak keceriaan.

  1. Ashar

Waktu ashar ini ditandai dengan warna jingga. Ini berhubungan dengan organ reproduksi.

Sewaktu orang meninggalkan kewajiban sholat ashar, seseorang akan kehilangan tenaga dalam organ reproduksi. Begitu pula, seseorang bisa mengalami penurunan dalam kreativitasnya.

  1. Magrib

Magrib ditandai dengan warna awan yang merah. Warna ini dikaitkan dengan energi negative. Yakni kemunculan dari kekuatan jin cukup hebat.

Biasanya, ada banyak gangguan ketika berada pada waktu ini. Untuk itulah, seseorang dianjurkan untuk sholat untuk menetralkannya. Bahkan sholat bisa menjadi sarana untuk meminta keselamatan.

  1. Isya

Waktu ini dicirikan dengan warna nila yang perlahan menjadi gelap. Warna seperti ini dikaitkan dengan sistem kontrol otak.

Seseorang yang terus melewatkan kewajiban sholat isya’ akan dipenuhi dengan kegelisahan. Sementara orang yang rajin menjalankannya akan dikaruniai dengan kedamaian. Sampai akhirnya, seseorang bisa istirahat dengan pulas.

Itulah rahasia sholat 5 waktu yang sebagian orang belum tahu jika ditinjau dari sisi jasmani dan rohani. Kerjakanlah kewajiban sebagai bagian dari menuruti perintah. Dan Anda akan memperoleh kedamaian yang sejati.

Sekedar mengingatkan bahwa sholat ini dikerjakan berdasarkan waktunya. Supaya tidak keliru waktu, atur jam sholat dengan tepat. Anda bisa menempatkan jam digital di tiap masjid. Jika masjid belum memilikinya, Anda bisa membelinya di pabrik jam masjid ini.