Mengenal ciri-ciri pohon rambutan

Hampir di setiap daerah di indonesia pasti di tumbuhi tanaman rambutan, pohon rambutan tumbuh subur di negara ini bahkan hasil panennya setiap musim berbuah sampai melimpah ruah. Hal ini di pengaruhi oleh faktor cuaca karena pohon rambutan akan tumbuh di negara-negara yang memiliki iklim sub tropis, tapi taukah anda masih ada beberapa orang yang mungkin belum mengetahui dan belum bisa membedakan ciri-ciri pohon rambutan loh.

Masyarakat awam memang sulit untuk mengetahui pohon rabutan, tapi pohon rambutan memiliki ciiri-ciri yang berbeda loh dengan pohon lainnya mulai dari daun, batang pohon hingga bunga. Untuk mengetahui dan membedakan pohon rambutan dengan pohon lainny amaka perlu anda perhatikan ciri-ciri pohon rambutan, berikut ini adalah beberapa ciri yang menonjol untuk mengetahuinya

  1. ciri-ciri pertama yang di milikiyaitu pohon rambutan mimiliki batang yang sangat menjulang, rindang dan kokoh dengan tinggi pohon bisa mencapai lebih dari 8 m dengan ranting yang menyebar. Selain itu batang pohon biasanya terasa kasar saat diraba dan berwarna cokelat dengan diameter yang bervariasi

  2. pohon rambutan memiliki jenis daun menyirip degan ukuran sebesar telapak tangan dan berselang seling berbentuk majemuk , ciri-ciri pohon rambutan berupa daun bisa anda amati secara teliti dengan warna daun hijau tua dan menyebar di setiap rantingnya, terlihat rindang saat di bawah pohon.

  3. memiliki bunga dengan ukuran sangat kecil, bunga berada pada ujung ranting dan beregrombol.

  4. selanjutnya ciri-ciri pohon rambutan yang lain, pohon rambutan akan berbuah di akhir tahun biasanya antara bulan agustus sampai dengan bulan januari awal. Dengan betuk buah bulat memiliki rambut buah, berawrna hijau ketika belum matag dan akan berubah warna menjadi kuning hingga merah saat sudah masak.

Setelah membaca beberap dari dasar ciri-ciri pohon rambutan di atas, semoga hal itu bisa membantu anda untuk bisa membedakannya dengan pohon buah lainnya, karena pada dasarnya setiap pohon memiliki karakteristik yang berbeda-beda.