Manfaat Daun Sukun Untuk Ginjal

Ternyata daun sukun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho. Salah satu diantaranya adalah untuk mengobati penyakit ginjal.

Manfaat Daun Sukun Untuk Ginjal

Hal ini disebabkan karena daun sukun terdapat kandungan saponin, polifenol, asam hidrosianat, kalium, asetilcolin, tannin, riboflavin, serta phenol.kandungan kalium ini yang membuat batu ginjal yang berupa Ca-oksalat menjadi hancur . Serta endapannya akan keluar bersama urine.

Walaupun penggunaan daun sukun untuk mengobati ginjal ini belum dilakukan secara ilmiah, tetapi pemanfaatan daun sukun menunjukkan sesuatu yang positif pada penderita ginjal. Hal itu terlihat pada hilangnya pembengkakan pada ginjal serta berkurangnya kandungan protein pada urine.

Selain itu bagi orang yang menderita gagal ginjal dan akan melakukan cuci darah sebaiknya konsumsi daun sukun terlebih dahulu. Karena daun sukun ini  bisa mengembalikan fungsi normal ginjal jadi tidak perlu lagi untuk cuci darah.

Kandungan riboflavin serta asetilkolin pada sukun berguna untuk merecovery ginjal. Selain untuk mengobati gagal ginjal, daun sukun juga bisa bermanfaat bagi penderita kardiovaskuler.

Cara Mengolah Daun Sukun Untuk Obat Ginjal

Cara mengolah daun sukun untuk dijadikan obat ginjal sangatlah mudah. Kitapun bisa membuat sendiri dirumah. Yang pertama dilakukan adalah menyiapkan daun sukun untuk kemudian dicuci bersih. Lalu rebuslah dengan menggunakan air sampai mendidih dan sampai daunnya terlihat hancur. Tunggulah sampai dingin.

Apabila air rebusan sudah dingin, saringlah air tersebut untuk kemudian kita minum sebagai obat ginjal. Minumlah air rebusan sukun sebanyak dua kali yaitu pada waktu pagi dan siang hari. Jangan lupa rebusan ini dapat diminum sesudah makan. Sehingga kondisi perut tidak dalam keadaan kosong. Pengobatan tradisional ini terbukti ampuh untuk meredakan nyeri yang ada pada organ ginjal. Sehingga kita pun bisa beraktivitas secara normal.

Selain itu kalau kita tidak mau repot dalam merebus daun sukun, sebenarnya ada loh teh daun sukun. Teh daun sukun ini terlihat praktis, kita tinggal menyeduhnya saja. Harganya murah dan bisa dibeli secara online.

Itulah ulasan mengenai manfaat daun sukun untuk ginjal. Semoga dapat bermanfaat.