Kenali Risiko dan Bahaya Semangka untuk Ibu Hamil

Pada saat musim kemarau dan cuaca sedang panas, paling enak memang makan buah-buahan segar, terutama yang banyak airnya, seperti buah semangka. Hanya saja, kalau Anda sedang hamil, sebaiknya hindari buah berwarna merah ini karena memiliki beberapa risiko yang kurang baik bagi ibu hamil. Simak bahaya semangka untuk ibu hamil berikut ini.

Risiko dan Bahaya Buah Semangka untuk Ibu Hamil

Buah-buahan merupakan salah satu jenis bahan makanan yang disarankan untuk ibu hamil. Namun, pada buah tertentu, seperti semangka, ada risiko yang justru membahayakan sebagai berikut.

  1. Memicu Penyakit Diabetes

Semangka memiliki kandungan gula yang cukup tinggi sehingga akan sangat rawan meningkatkan kadar glikogen. Gula darah yang berlebihan di dalam tubuh bisa memicu datangnya penyakit diabetes melitus. Pada ibu hamil, jumlah gula darah atau glikogen yang berlebihan akan memicu terjadinya diabetes gestasional, yaitu jenis penyakit gula yang terjadi selama masa kehamilan.

  1. Memicu Masalah Pencernaan

Meskipun kaya akan kandungan air dan vitamin, buah semangka tidak mengandung serat yang banyak. Kurangnya serat di dalam semangka bisa membuat ibu hamil memiliki masalah pencernaan. Ibu hamil yang kurang mengonsumsi serat akan mengalami konstipasi atau sembelit yang tentunya akan menyiksa.