Keanekaragaman: Jenis Markisa dan Khasiatnya

Siapa yang tidak tahu dengan buah markisa? Tentu hampir penduduk di Indonesia kenal dengan buah tersebut. Ia mempunyai visual yang cukup menarik. Namun, kebanyak dari publik hanya tahu jenis markisa yang berfisik lonjong dan berwarna cerah. Mereka belum tahu tentang jenis yang dimiliki oleh buah yang tumbuh subur di Amerika ini. Sebelum membahas mengenai jenis markisa. Ada baiknya ketika membicarakan tentang manfaat yang ia miliki.

Mengutip dari beberapa sumber yang mengatakan bahwa markisa memiliki kandungan Vitamin C. Bahkan tanpa harus diterangkan masyarakat mampu mengetahuinya dari warna kuning cerah yang ada padanya. Sehingga bagi para penderita sariwan, bibir pecah-pecah, dan gangguan kesehatan lain. Dianjurkan untuk langsung mengonsumsinya.

Tidak berhenti disini karena keunggulan dari tanaman tersebut juga terlihat dari daunnya. Tepat, daun markisa tidak hanya muncul sebagai pelengkap ataupun hiasan tanaman. Melainkan ia memiliki senyawa Harman yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Bagi penderita hipertensi. Senyawa ini memberi peran besar dalam menormalkan tekanan darah. Namun, sama seperti pengobatan herbal lainnya.

Dimana Anda harus memastikan konsumsinya dilakukan secara teratur. Sebab, ia tidak memberi efek buruk bagi tubuh. Selain itu karena pengobatan berjalan dari inti keluhan. Sehingga proses penyembuhan lebih lama dan terstuktur dengan baik. Hal ini membuat pengobatan alami sering kali dipilih karena memang dampaknya dianggap efektif. Semakin menyenangkan karena sekarang produk markisa mampu dijumpai dalam kemasan yang lebih mudah.

Selanjutnya pembahasan masuk pada pembagian jenis markisa. Seperti yang sudah dikatan sejak awal bahwa markisa mempunyai beberapa variasi. Nah, langsung saja masuk pada jenis pertama yang disebut markisa ungu. Penamaan ini diberikan sesuai karakteristik dari markisa yang berwarna ungu. Ia mempunyai kandungan antioksidan lebih tinggi.

Jenis kedua, terdapat markisa manis. Sesuai namanya markisa jenis ini didominasi oleh rasa manis legit. Ketiga, jenis markisa besar. Biasanya markisa ini digunakan untuk berbagai olahan. Ukuannya yang besar membuatya mudah dikenali. Keempat, markisa kuning yang biasa ditemui.