Berikut Ini Daftar Jurusan di UNY Untuk Program D3 – S3

 

Universitas Negeri Yogyakarta atau UNY merupakan sebuah universitas negeri sekaligus Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang ada di Yogyakarta. Mulanya, UNY dikenal sebagai Institur Keguruan dan Ilmu Kependidikan (IKIP) Yogyakarta. IKIP diresmikan pada tanggal 21 Mei 1964 oleh Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP).

Kemudian, IKIP Yogyakarta berubah menjadi sebuah universitas negeri pada tahun 1999. Perubahan ini didasari oleh Keputusan Predien RI No. 93 Tahun 1999. Saat ini, UNY mempunyai 7 fakultas dan 1 program pasca sarjana.

UNY memiliki beberapa kampus yang tersebar di beberapa kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Kabupaten Sleman (Kampus Utama), Kabupaten Kulonprogo, Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul. Saat ini, UNY sedang membangun gedung kuliah baru di Kabupaten Gunung Kidul.

Jika kamu ingin kuliah di UNY, ada baiknya kamu mengetahui beberapa jurusan kuliah yang ada di UNY. Ada beberapa jurusan yang tersedia dalam program D3, S1, S2, dan S3. Berikut ini beberapa jurusan serta fakultas yang ada di UNY.

Jurusan Kuliah yang ada di UNY

Jika kamu ingin kuliah S1 di UNY, kamu bisa memilih satu jurusan dari beberapa fakultas berikut. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) memiliki beberapa program S1 dengan akreditasi A yaitu Manajemen Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Luar Biasa, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Kebijakan Pendidikan, dan Pendidikan Anak Usia Dini. Sementara itu, untuk program studi dengan akreditasi B adalah Kebijakan Pendidikan dan Psikologi.

Jika kamu ingin kuliah di jurusan ilmu pengetahuan alam, kamu bisa kuliah di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). UNY menyediakan beberapa jurusan kependidikan dan non kependidikan. Sehingga, kamu bisa memilih salah satunya. Jurusan yang ada di FMIPA dengan akreditasi A adalah Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan IPA, Matematika, Kimia, dan Biologi. Sementara itu, prodi Fisika memiliki akreditasi B. FMIPA sendiri membuka satu jurusan baru yaitu Statistika yang masih dalam proses pengurusan akreditasi.

Bagi calon mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat di bidang bahasa dan seni, mereka bisa mendaftar pada salah satu jurusan di Fakultas Bahasa dan Seni atau  FBS. Jurusan yang ada di FBS dengan akreditasi A adalah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Jawa, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Seni Tari, dan Pendidikan Seni Rupa. Sementara itu, jurusan di FBS yang memiliki akreditas B adalah Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Prancis, Sastra Inggirs, Pendidikan Seni Musik, dan Pendidikan Seni Rupa.

Jika kamu ingin belajar tentang ilmu sosial, maka kamu bisa mengambil salah satu jurusan di Fakultas Ilmu Sosial (FIS). Jurusan yang ada di FIS dengan akreditasi A yaitu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Ilmu Sejarah, Pendidikan Sosiologi, dan Pendidikan IPS. Sementara itu, jurusan yang ada di FIS dengan akreditasi B adalah Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Komunikasi.

Sementara itu, jika kamu ingin belajar tentang ekonomi dan akuntansi, kamu bisa kuliah di salah satu jurusan di Fakultas Ekonomi (FE). Jurusan yang ada di FE dengan akreditasi A adalah Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Akuntansi, Manajemen, Akuntansi, Pendidikan Administrasi dan Perkantoran serta Manajemen Pemasaran D3. Sementara itu, jurusan dengan akreditasi B adalah Akuntansi D3, dan Sekretari D3.

Fakultas Teknik (FT) UNY membuka program studi D3 dan S1. Jurusan yang berakreditasi A dari program studi S1 adalah Pendidikan Teknik Elektro, Pendidikan Teknik Mekatronika, Pendidikan Teknik Elektronika, Pendidikan Teknik Mesin, Pendidikan Teknik Otomotif, Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Pendidikan Teknik Boga, dan Pendidikan Teknik Busana. Sementara itu, jurusan S1 Pendidikan Teknik Informatika masih berakreditasi B.

FT juga membuka program studi baru yang masih dalam proses akreditasi yaitu Teknik Elektro, Teknik Manufaktur, dan Teknik Informatika. Program Studi D3 yang memiliki akreditas A adalah Teknik Boga, serta Tata Rias dan Kecantikan. Sementara itu, Program Studi D3 dengan akreditasi B adalah Teknik Elektro, Teknik Elektronika, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Sipil, dan Teknik Busana.

UNY juga memiliki Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK). Fakultas ini telah mencetak banyak atlet nasional maupun internasional. Mereka juga mencetak calon guru olahraga di berbagai jenjang pendidikan. Jurusan yang di FIK adalah PJKR, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Ilmu Keolahragaan, serta PGSD Pendidikan Jasmani. Semua jurusan yang ada di FIK mempunyai akreditasi A.

UNY juga memiliki beberapa jurusan di jenjang S2 yaitu Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Manajemen Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Linguistik Terapan, Teknologi Pembelajaran, Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Ilmu Sosial, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi dll.

Pendaftaran Kuliah Melalui Sistem Online

Saat ini, pendaftaran kuliah online merupakan salah satu cara yang umum dilakukan oleh banyak perguruan tinggi di Indonesia. Hal ini dilakukan karena sistem online dinilai lebih praktis dan fungsional dibandingkan dengan pendaftaran menggunakan berkas. Calon mahasiswa hanya mengisi beberapa data di web dan melakukan pembayaran untuk bisa mengikuti seleksi masuk univesitas.