Cara Mengajari Anak Membaca

Peran utama orang tua adalah mendidik anak. Orang tua berkawajiban mendidik anak hingga tumbuh dengan cerdas dan pintar. Pada umumnya usia anak-anak masih aktif bermain. Berikan berbagai jenis mainan agar mengetahui potensi anak. Mendidik anak yang aktif bermain sebenarnya tidaklah susah. Selipkan metode-metode belajar di sela-sela permainan anak. Otak anak-anak mudah menangkap dan meniru suatu hal yang sering dilihatnya. Pada awalnya, kenalkan simbol atau gambar-gambar yang menarik.

Gaya belajar anak

Sering membaca cerita di depan anak juga salah satu metode mengajari anak membaca. Anak yang serinng mendengarkan cerita dari orang tua akan memiliki jiwa yang tenang. Jika cerita tesebut diambil dari buku, lambat laun anak akan tertarik memegang buku dan mengenal satu persatu tulisan didalamnya. Hal itu akan mempermudah anak dijenjang selanjutnya.

Semakin bertambahnya usia, metode yang digunakan belajar haruslah lebih menarik. Seperti mengenalkan huruf dengan cara mengajak bernyanyi, menempel, dan tebak-tebakan. Banyak cara agar anak memiliki kemauan untuk membaca. Orang tua harus pandai mengenali karakter  dan mengetahui apa yang disukai.

Peran orang tua

Terlebih dahulu orang tua mengenalkan macam-macam huruf kepada anak. Sebab berbagai macam jenis huruf, anak tidak mungkin sekali dua kali hafal. Butuh latihan rutin agar mampu mengenal huruf. Anak juga dilatih cara melafalkan masing-masing huruf agar terbiasa. Ajak ia untuk membaca persuku kata. Berikan kata yang mudah dan sering diucapkan sehari-hari. Biasanya anak menyukai kata yang tidak terdapat huruf mati agar mudah membacanya (la-bu, ka-mu).

Seringnya kebiasaan mengeja dilakukan, anak akan belajar bagaimana membaca suku kata yang terdapat huruf vokal seperti (a-ku, i-bu). Biasanya belajar mengenal dan melafalkan huruf cepat ditangkap oleh anak. Ajak anak untuk melafalkan (ng, ny) seperti (nya-nyi, bu-nga). Eja satu persatu untuk anak yang masih kesulitan membaca.

Laihan mengenal huruf dan melafalkan sangat mudah bagi anak jika dilakukan secara berkelanjutan. Pilih metode yang menarik dan tidak membosankan agar anak menyukai membaca. Bermain sambil belajar adalah metode yang menyenagkan.