Makanan Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi yang Disarankan

Bayi yang usianya masih 9 bulan dan belum tumbuh gigi membutuhkan jenis makanan yang berbeda. Apalagi, di usianya tersebut bayi juga belum memiliki saluran pencernaan yang baik, sehingga makanan yang dicerna harus lebih lembut teksturnya. Pertumbuhan gigi yang lambat juga menjadi faktor yang harus diperhatikan orang tua ketika akan menyiapkan makanan bagi si kecil.

Usia 9 bulan pada umumnya sudah mengalami tumbuh gigi. Akan tetapi, ada sebagian bayi yang memang belum tumbuh gigi di usianya ini. kondisi tersebut yang kemudian membuat bahan makanan yang dikonsumsi si bayi harus mendapat perhatian lebih.

Faktor Belum Tumbuh Gigi

Pixabay.com

Usia 9 bulan dan belum mengalami tumbuh gigi terkadang menjadi kecemasan bagi para orang tua. Padahal, secara medis, kondisi tersebut masih umum dan normal terjadi. Khususnya bila asupan beberapa nutrisi seperti kalsium masih kurang ketika bayi berada dalam kandungan atau sudah lahir.

Belum tumbuhnya gigi pada bayi usia 9 bulan tidak perlu dikhawatirkan karena belum tentu berakibat buruk. Orang tua juga harus tetap fokus pada kebutuhan si kecil yang memang belum memiliki gigi di mulutnya. Nah, berikut ini adalah referensi untuk makanan bayi usia 9 bulan dan belum tumbuh gigi.

1.      Brokoli

Brokoli termasuk jenis sayuran yang bersahabat untuk bayi. Teksturnya yang lembut ketika direbus juga memudahkan konsumsi bagi bayi 9 bulan yang belum tumbuh gigi. Biasanya, brokoli akan dicampurkan pada menu nasi tim atau jenis menu makanan lainnya.

Brokoli mengandung beta-karoten serta vitamin C yang berfungsi mengurangi risiko terserang penyakit. Selain itu, brokoli juga mengandung antioksidan bagus untuk pertumbuhan si kecil saat usianya masih 9 bulan.

2.      Tomat

Tomat menjadi bahan yang bisa dikonsumsi oleh bayi 9 bulan yang belum tumbuh gigi. Tomat mengandung vitamin A, serta membantu peredaran darah untuk meningkatkan pertumbuhan gigi pada gusi. Tomat juga bertekstur lunak, sehingga bisa dkonsumsi langsung sebagai buah atau dimasak terlebih dulu.

Biasanya, tomat dicampurkan dengan beberapa menu makanan seperti nasi tim, sup tomat atau bisa juga dijadikan minuman berupa jus yang langsung bisa dikonsumsi bayi. Dengan variasi menu menggunakan bahan dasar tomat, maka bayi juga tidak akan cepat merasa bosan.

3.      Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau dengan kandungan vitamin dan mineral tinggi. Bayam juga diperkaya dengan zat besi serta beta karoten untuk membantu meningkatkan fungsi penglihatan. Bayam yang bagus dan bisa dikonsumsi bayi adalah bayam hijau pekat dan bayam merah. Keduanya bisa dikombinasikan dengan menu makanan bayi 9 bulan belum tumbuh gigi lainnya.

4.      Wortel

Wortel hampir selalu ditemukan dalam menu makanan yang disarankan untuk bayi. Begitu juga bayi yang masih berusia 9 bulan, wortel bisa menjadi pilihan paling tepat. Kandungan vitamin A, antioksidan dan beta karoten juga membantu tumbuh kembang bayi secara optimal. Manfaatkan wortel pada menu makanan untuk bayi yang bisa dibuat melalui berbagai resep unggulan.

5.      Alpukat

Alpukat, jenis buah yang lunak dan mengandung banyak lemak bermanfaat ini juga disarankan menjadi menu untuk bayi 9 bulan yang belum tumbuh giginya. Alpukat juga biasanya dicampurkan pada menu seperti nasi tim, jus, atau menu sup buah untuk bayi yang ternyata banyak disukai. Berbagai kandungan vitamin dan karbohidrat serta kalori pada alpukat juga bisa menambah berat badan bayi.

6.      Keju

Keju diperkaya kandungan vitamin dan mineral yang penting untuk tumbuh kembang bayi 9 bulan. Terutama ketika bayi memang belum tumbuh gigi. Dengan mengonsumsi keju yang rutin, pertumbuhan tulang dan gigi bisa dipercepat. Keju juga bisa dikreasikan dengan berbagai menu seperti bubur tim keju, biskuit keju yang lunak, atau menu lainnya.

7.      Telur

Pixabay.coom

Kandungan protein yang ada pada telur sangat penting untuk menunjang kebutuhan gizi buah hati. Telur diperkaya protein, seng, omega 3, serta berbagai vitamin yang dibutuhkan saat proses pertumbuhan. Bayi usia 9 bulan juga bisa mengonsumsi telur dengan cara mudah yakni direbus dan dipadukan dengan bahan bubur lainnya.

Telur merupakan bahan makanan yang baik bagi perkembangan tulang, gusi, dan pertumbuhan gigi. Dengan mengonsumsi telur setiap harinya, bayi berusia 9 bulan akan merasakan manfaat berupa bertambahnya asupan vitamin A, D dan E untuk kebutuhan kulit serta meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Beberapa makanan lain yang disarankan untuk bayi 9 bulan belum tumbuh gigi antara lain seperti tahu, daging giling, ikan, labu kuning dan beberapa jenis sayuran hijau lainnya.

Selain menyediakan makanan yang direkomendasikan diatas, salah satu makanan lain yang disarankan adalah bubur bayi organik. Usia bayi 10 bulan yang masih belum tumbuh gigi memaksa untuk menyediakan makanan bertekstur halus seperti bubur agar mudah dikonsumsi.

Itulah berbagai ulasan tentang makanan bayi 9 bulan belum tumbuh gigi yang banyak direkomendasikan para ahli gizi. Dengan mengetahui tahapan menu makanan untuk usia bayi 10 bulan, maka orang tua bisa mudah menyiapkan aneka makanan tersebut untuk diberikan pada si buah hati.