Bagaimana Hukum Arisan Dalam Islam?

Arisan adalah sebuah kegiatan dimana sekelompok orang melakukan pengumpulan dana secara rutin. Setelah uang terkumpul maka akan dibuka sebuah undian secara acak untuk menentukan siapa yang mendapatkan dana tersebut. Konsep dari arisan seperti halnya meminjamkan uang kepada orang lain secara bergantian. Tentunya anda sudah tidak asing dengan kegiatan arisan ini, hampir semua orang pernah terlibat di dalam kegiatan arian.

Kegiatan arisan terkadang tidak hanya sebagai sarana untuk meminjamkan uang saja melainkan dijadikan sebagai sarana untuk berkumpul. Biasanya anggota dari arisan tersebut merupakan orang yang saling mengenal satu sama lain dan akan bertemu di waku yang sudah ditentukan. Arisan terkadang menjadi sarana berkumpul yang sangat menyenangkan dimana setiap orang akan meluangkan waktunya untuk datang ke acara arisan. Hal tersebut yang membuat kegiatan arisan hingga saat ini menjadi kegiatan yang banyak dijalankan.

Kegiatan arisan ini sangat mudah ditemukan di tengah masyarakat. Terkadang setiap orang tidak hanya mengikuti satu acara arisan saja melainkan mengikuti beberapa acara arisan sekaligus. Menjadi salah satu kegiatan yang mudah ditemukan lalu bagaimanakah hukum dari arisan tersebut di dalam Islam? Apakah kegiatan arisan diperbolehkan atau tidak? Anda perlu menyimak penjelasannya di bawah ini, selain itu jangan lupa untuk mengetahui berbagai informasi menarik lainnya yang melalui situs seruni. Pahami cara kerja arisan dan hukumnya dalam agama sebelum mengikuti kegiatan tersebut.

Mengenal Kegiatan Arisan Lebih Dalam

Sebelum anda mengetahui bagaimanakah hukum dari arisan dalam Islam anda perlu mengenal arisan lebih dalam. Kegiatan arisan yang bisa ditemukan di tengah masyarakat cukup beragam. Arisan yang sering dilakukan sekelompok orang adalah arisan berupa uang, arisan berupa logam mulia, dan arisan barang. Setiap kelompok bisa memilih bentuk arisan yang akan diadakan sesuai dengan kebutuhannya. Kegiatan arisan juga ditentukan dari kemampuan anggota arisan apakah bisa membayarnya atau tidak sehingga bentuk arisan yang bisa anda temukan cukup beragam.

Bagaimana cara kerja arisan? Pada ulasan di atas sudah disinggung sedikit mengenai cara kerja dari kegiatan arisan. Arisan sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan dalam kurun waktu yang telah disepakati dalam kelompok tersebut. Misalnya kegiatan arisan bisa dilakukan dalam kurun waktu satu bulan sekali. Pelaksanaan arisan ini ditentukan oleh seluruh kelompok yang mengikuti kegiatan tersebut. Pada saat hari yang ditentukan maka orang – orang akan datang untuk mengumpulkan sejumlah uang yang sudah disepakati. Nantinya akan dibuka sebuah undian untuk menentukan siapa yang beruntung untuk membawa pulang biaya tersebut.

Kegiatan tersebut akan dilakukan secara teratur sesuai dengan jumlah anggota yang ikut dalam arisan. Lamanya arisan akan dilaksanakan juga telah menjadi kesepakatan di awal. Misalnya jika seluruh anggota telah mendapat giliran undian tersebut maka kegiatan arisan bisa dibubarkan maupun ditambah putaran lagi. Pada intinya cara kerja dari arisan hanya untuk meminjamkan uang secara bergilir dimana uang yang telah dipinjamkan akan dikembalikan ketika mendapat undian di dalam arisan. Itulah cara kerjanya dari kegiatan arisan, tentunya anda sudah tidak asing dengan kegiatan arisan tersebut sehingga mudah untuk memahaminya.

Inilah Hukum Arisan Dalam Islam

Setelah menyimak penjelasan di atas mungkin anda semakin penasaran dengan hukum arisan dalam Islam. Jika diperhatikan kegiatan arisan memang menjadi kegiatan yang lazim dilakukan di tengah masyarakat. Hampir semua orang tertarik untuk mengikuti kegiatan arisan dengan alasan yang berbeda – beda. Mengikuti kegiatan arisan juga terbilang sangat menguntungkan. Kini banyak yang penasaran bagaimanakah hukum arisan di dalam Islam? Hukum arisan sendiri di dalam Islam adalah diperbolehkan. Sesuatu hal boleh dijalankan dalam Islam dengan catatan dijalankan sesuai dengan syariat Islam.

Kegiatan arisan yang diperbolehkan dalam Islam adalah kegiatan arisan yang tidak mengambil hak orang lain. Misalnya semua orang yang mengikuti kegiatan arisan tersebut harus mendapatkan hak yang sama. Uang arisan akan dibawa pulang oleh orang yang mendapat undian dan dilakukan secara berkala hingga semua anggota arisan mendapatkan undian. Jika hal tersebut dijalankan dalam kegiatan arisan maka kegiatan tersebut diperbolehkan. Mengadakan pengundian untuk menjalankan kegiatan arisan juga diperbolehkan dalam Islam sehingga kesimpulannya adalah kegiatan arisan diperbolehkan asal tidak melanggar syariat Islam.

Mengetahui hukum dari kegiatan arisan menjadi hal yang penting untuk anda perhatikan sebelum bergabung dengan kelompok arisan tertentu. Pilihlah kegiatan arisan yang dijalankan dengan benar sesuai dengan syariat yang ada. Kini anda telah mengetahui jika arisan merupakan kegiatan yang diperbolehkan dalam Islam, kini tinggal anda yang mulai menentukan jenis arisan yang sesuai dengan syariat Islam. Jangan sampai anda mengikuti arisan yang mana mengandung unsur penipuan maupun unsur riba yang membuat arisan tersebut haram.

Kegiatan arisan memiliki nilai keuntungan dan kerugian. Keuntungan mengikuti arisan adalah memaksa diri kita untuk rajin menabung untuk membayar uang arisan. Mengikuti arisan juga membuat diri kita bisa bersosialisasi dengan banyak orang. Sedangkan untuk kerugiannya adalah tidak ada sistem bunga dalam arisan. Uang yang akan diterima akan sama dengan sejumlah uang yang dibayarkan dalam arisan tersebut.