Begini Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Website

Mendapatkan backlink adalah salah satu teknik SEO yang sangat efektif. Namun, tidak semua backlink akan memberi hasil yang diinginkan. Hanya backlink yang berkualitas yang akan direspons oleh mesin pencari seperti Google sebagai rekomendasi yang membuat website Anda dianggap kredibel. Itulah sebabnya, cara mendapatkan backlink berkualitas menjadi hal yang penting dalam SEO.

Kriteria Website untuk Memasang Backlink

Pixabay.com

Seperti diketahui, backlink adalah sebuah link (tautan) yang dipasang di sebuah website atau blog yang akan mengarahkan pembaca menuju halaman website Anda. Agar backlink yang didapatkan berkualitas, website yang akan Anda jadikan sebagai tempat memasang backlink harus memenuhi kriteria tertentu sebagai berikut.

  1. Relevan dengan Website Anda

Anda tentu mengharapkan efek yang positif dari sebuah backlink yang merujuk ke website. Salah satu caranya adalah dengan mendapatkan backlink dari website yang relevan dengan website Anda. Untuk mendapatkannya, buatlah pengelompokan website berdasarkan relevansinya. Contoh website yang relevan adalah yang berisi review produk yang berkaitan dengan bisnis Anda.

  1. Memiliki Kredibilitas dan Pengaruh Kuat

Backling dari website yang kredibel akan membuat website Anda juga dianggap kredibel oleh Google. Karena itu, sebelum memilih website tempat menanamkan backlink, cek lebih dahulu kredibilitas website tersebut. Anda bisa melakukannya dengan bantuan software khusus, seperti Ahrefs. Makin tinggi nilai domain rating-nya, makin banyak backlink berkualitas yang akan Anda dapatkan.

  1. Memiliki Jumlah Traffic Tinggi

Tinggi rendahnya traffic yang dihasilkan juga menjadi kriteria penting sebuah website sebagai tempat Anda menanamkan backlink. Software Ahrefs juga bisa Anda gunakan untuk mengukur berapa traffic yang dihasilkan sebuah website dalam sebulan. Pastikan website yang akan Anda pilih memiliki lalu lintas pengunjung yang cukup tinggi.

  1. Memenuhi Standar Editorial

Dalam menilai kredibilitas sebuah website, Google sangat memperhatikan kualitas konten, termasuk dari sisi editorial. Backlink yang berasal dari website yang memiliki standar editorial yang ketat (portal berita atau blog profesional) akan dibaca sebagai backlink yang berkualitas.

  1. Terindeks oleh Google

Website tempat Anda akan memasang backlink harus terindeks oleh Google. Ini adalah syarat wajib karena menanamkan backlink ke website yang tidak terindeks oleh Google tidak ada manfaatnya. Untuk mengeceknya, buka Google dan ketikkan ‘site:alamat website’. Jika website belum terindeks, tidak akan muncul informasi apa pun.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Pixabay.com

Backlink yang berkualitas bisa Anda dapatkan dengan cara yang natural maupun dengan bantuan tools tertentu. Berikut penjelasan mengenai cara-cara yang efektif untuk mendapatkan backlink berkualitas.

  1. Membangun Kredibilitas Website

Langkah ini adalah dasar yang sangat penting karena website yang berkualitas hanya akan memberikan backlink ke website yang berkualitas juga. Jadi, jika ingin mendapatkan backlink dari website yang memiliki kredibilitas bagus, Anda pun harus membangun kredibilitas website Anda.

Bagaimana caranya? Tentu saja Anda harus membuat konten yang berkualitas juga karena tidak ada yang mau merekomendasikan konten yang tidak bermutu. Begitu pentingnya peran sebuah konten membuat banyak pihak yang menawarkan jasa pembuatan konten, seperti Atlanta SEO Company. Mereka akan membantu Anda membuat konten yang SEO friendly.

  1. Menulis Konten Gratis untuk Website Lain

Dengan menulis konten gratis untuk website lain yang menjadi target untuk menanamkan backlink, Anda akan mendapatkan imbalan berupa backlink dari website tersebut. Ini merupakan cara yang banyak dilakukan karena menguntungkan kedua pihak. Website target mendapatkan konten gratis, sementara Anda mendapatkan backlink berkualitas.

Hal ini juga menjadi salah satu alasan Anda harus mahir membuat konten yang berkualitas. Website yang menjadi target untuk menanamkan backlink tentu tidak mau menerima tulisan yang asal-asalan.

  1. Menggunakan Tools Backlink

Selain cara natural, Anda juga bisa mendapatkan backlink dengan bantuan tools khusus, misalnya Ahrefs. Tools ini akan membantu Anda menemukan website yang berkualitas berdasarkan kata kunci yang relevan dengan website atau bisnis Anda, mengetahui kredibilitasnya, dan jumlah trafik yang dihasilkan website tersebut.

  1. Memanfaatkan Content Sharing Platform

Selain di media sosial, Anda juga bisa membagikan konten terbaru Anda di content sharing platform. Beberapa contoh content sharing platform adalah Medium, Hipwee, Viva Blog, Kompasiana, Kaskus, Reddit, dan Slide Share. Cara mendapatkannya adalah dengan menulis artikel baru dan letakkan link konten yang diinginkan.

  1. Melakukan Guest Blogging

Cara ini cukup populer di kalangan blogger. Guest blogging adalah Anda menulis artikel untuk diterbitkan di website/blog milik orang lain yang mengandung link menuju website Anda. Agar guest blogging ini bermanfaat, pilihlah website yang memiliki traffic tinggi.

Mempraktikkan kelima cara mendapatkan backlink berkualitas di atas mungkin bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, pertahankan backlink yang sudah berhasil Anda dapatkan.