Cara Bisnis Pulsa Sebagai Usaha yang Bisa Dilakukan di Rumah

Anda bosan di rumah karena tidak ada usaha sambilan? Tenang, ada beragam jenis usaha di rumah yang bisa Anda pilih untuk mengisi waktu luang Anda. Salah satu contohnya adalah bisnis pulsa. Selain mudah dilakukan, bisnis ini juga tidak butuh modal besar dan bisa dijalankan dimana saja serta kapan saja. Tapi tentu, ada kiat-kiat khusus yang harus Anda terapkan agar Anda sukses berbisnis pulsa. Ingin tahu apa saja? Yuk, simak ulasan tentang cara bisnis pulsa di artikel berikut ini.

Melihat Peluang Berbisnis Rumahan Pulsa

Di zaman sekarang ini, berbisnis pulsa memang semakin banyak dilakukan oleh orang-orang yang membutuhkan bisnis rumahan. Peluangnya memang cukup besar. Dengan hanya bermodalkan ponsel dan saldo pulsa dari distributor, Anda bisa menjadi agen pulsa dimanapun dan kapanpun Anda berada. Bahkan hanya sambil rebahan, Anda bisa melayani pembeli yang memesan pulsa kepada Anda.

Jika diperhatikan, peluang usaha satu ini memang memiliki beragam keuntungan. Selain tidak membutuhkan modal awal yang besar, bisnis ini juga tidak membutuhkan bahan baku seperti bisnis-bisnis lainnya. Anda hanya perlu mengisi saldo pulsa kepada distributor dan tidak perlu menyetok berbagai barang setengah jadi, mesin produksi, hingga barang-barang sebagainya.

Tidak hanya itu saja, resiko kerugian dari bisnis satu ini bisa dikatakan cukup rendah. Namun tentunya, keuntungan yang Anda dapat juga tidak bisa setinggi bisnis lainnya. Selain memang karena Anda melayani semua pangsa pasar dari kelas bawah hingga kelas atas, bisnis sejatinya menganut sistem high risk high gain dimana semakin tinggi resiko, maka semakin tinggi pula keuntungannya.

Umumnya, jika pebisnis di sektor lain bisa mengantongi hingga 40% saja dari harga jual, maka Anda yang berjualan pulsa hanya mampu mengantongi untung sekitar 1 ribu – 2 ribu rupiah per transaksi. Namun jelas, jika mereka mengalami kerugian, maka besarnya akan berkali-kali lipat dari resiko yang Anda dapatkan dalam bisnis pulsa ini.

Cara Mudah Berbisnis Pulsa di Rumah

Pulsa sepertinya menjadi salah satu kebutuhan “primer” karena tanpa pulsa, segala aktivitas manusia tidak bisa berjalan, terutama dalam sektor bisnis. Pasalnya, setiap saat Anda butuh berkomunikasi dengan partner kerja, konsumen, atau relasi-relasi bisnis lainnya. Maka tidak salah jika menjadi seorang pebisnis pulsa dapat mendatangkan peluang yang tidak pernah ada matinya untuk Anda. Nah, bagi Anda yang hendak berbisnis pulsa, ini dia tipsnya, yakni :

  1. Perhatikan Distibutor Pulsa yang Anda Pilih

Pertama, Anda harus mampu memilih distributor pulsa mana yang akan Anda jadikan sebagai penyuplai pulsa Anda. Pilih yang memang terpercaya dan bisa memberi Anda harga yang murah. Selain itu, pilih yang menerapkan harga deposit ringan dan juga transaksi 24 jam. Jangan sampai Anda memilih distributor abal-abal karena bisnis Anda bisa rugi dan bahkan tidak berjalan.

  1. Ketahui Harga Pasaran Lebih Dulu

Agar bisnis Anda menarik minat konsumen, maka ketahui harga pasar lebih dulu. Dengan melakukan survey, Anda akan tahu berapa kisaran harga jual pulsa yang menarik banyak pelanggan. Umumnya, pulsa dengan saldo 5 ribu rupiah akan dijual dengan harga 6 ribu – 7 ribu rupiah tergantung operatornya.

  1. Jual Pulsa Segala Jenis Operator

Selanjutnya, agar bisnis pulsa Anda berjalan dengan baik, usahakan untuk menjual pulsa all operator agar Anda memiliki jangkauan pelanggan yang luas. Jadi, pelanggan Anda tidak hanya terbatas pada satu operator saja.

  1. Sediakan Macam-Macam Layanan Top Up

Keempat, ada baiknya Anda juga menyediakan berbagai macam layanan top up konsumen yang mana sekarang banyak juga dicari oleh pelanggan. Top up yang dimaksud adalah token PLN Prabayar, paket internet, voucher game online, hingga macam-macam angsuran kredit dan pembayaran asuransi, tv kabel, hingga BPJS. Pastikan Anda memiliki layanan ini karena dijamin akan banyak pelanggan yang datang kepada Anda begitu Anda mempromosikannya.

  1. Mulai Jualan dari Rumah

Jika Anda tidak ada kios untuk berjualan, Anda tidak perlu bingung. Tidak perlu juga mencari hutangan untuk modal membeli atau menyewa ruko di pinggir jalan besar. Bisnis pulsa adalah bisnis sektor kecil yang tidak perlu hal-hal seperti lokasi dan sebagainya.

Memang, bisnis Anda akan semakin pesat jika Anda bisa berjualan di pinggir jalan raya, tapi jika tidak juga tidak masalah. Masih ada halaman dan beranda rumah Anda yang bisa dijadikan lokasi berjualan. Cukup pasangi etalase dan tulisan “jual pulsa all operator dan top up”, maka para pembeli yang ada di sekitar rumah Anda akan datang dengan sendirinya.

  1. Tawarkan Pulsa Kepada Kerabat, Tetangga, dan Teman

Tentunya, karena berjualan di rumah maka target pasar Anda adalah para tetangga rumah Anda sendiri. Nah, coba beri pelayanan terbaik kepada mereka agar mereka mau dengan sendirinya menawarkan jualan Anda kepada kerabat dan teman-teman mereka. Siapa tahu, promosi mouth to mouth yang dilakukan atas dasar sikap saling menolong antar tetangga ini bisa membantu bisnis Anda untuk sukses dan maju.

Demikian ulasan mengenai cara bisnis pulsa bagi Anda yang pemula. Semoga ulasannya bermanfaat untuk Anda.