IUD Tipe Hormonal Solusi Untuk Haid Berkepanjangan Akibat KB Suntik

Cara mengatasi haid yang berkepanjangan akibat KB suntik sering kali memunculkan kecemasan. Nyatanya, KB suntik memang memiliki efek samping terhadap siklus menstruasi Anda.

Perlu Anda ketahui, KB suntik merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi yang mengandung hormon progestin. Berfungsi untuk menghentikan pelepasan sel telur ke rahim, menipiskan dinding rahim, serta memproduksi cairan vagina.

Namun, KB suntik hampir selalu menimbulkan ketidaknyamanan bagi penggunanya. Salah satunya menyebabkan haid yang berkepanjangan.

Padahal, haid yang terlampau lama dikhawatirkan bisa memicu komplikasi. Anemia, misalnya. Dikarenakan darah yang Anda keluarkan terlalu banyak.

Selain itu, Anemia juga akan menyebabkan sakit kepala, pusing, bahkan nyeri haid yang parah atau dismenore. Oleh karena itu, mengganti metode KB bisa dijadikan solusi.

Nah, IUD tipe hormonal merupakan alat kontrasepsi berbentuk T yang ditanamkan pada rahim Anda. Cara kerjanya untuk mencegah ovulasi. Yakni pelepasan sel telur dari ovarium. Sehingga bisa mengurangi perdarahan akibat KB suntik.

Demikian ulasan tentang cara mengatasi haid berkepanjangan akibat KB suntik dengan IUD tipe hormonal. Jadi, segera konsultasikan ke dokter mengenai keluhan Anda. Serta, pastikan metode KB yang  Anda pilih cocok dengan kondisi hormonal Anda.